Sabtu, Juni 04, 2011

LULUT PEMBAWA KEBERUNTUNGAN ?



Jaman sekarang mungkin banyak orang yang belum pernah mengenalnya pada apa yang namanya binatang Lulut, binatang ini jarang manampakan dirinya setiap hari pada manusia dan tidak jelas tempatnya bersarang.
Namun ada beberapa literatur yang menyebutkan keberadaan jenis binatang ini dalam konteks hubungannya dengan manusia sebagai pertanda 'keberuntungan', begitu pun yang pernah aku baca sewaktu kecil pada majalah anak-anak terkenal, dengan judul "Lulut Pembawa Keberuntungan".
Percaya atau tidak, binatang ini pernah singgah di rumahku pada tahun '80-an, tepatnya sehabis waktu sahur di bulan Ramadhan. Waktu itu seperti biasa sehabis shalat subuh, aku dan saudara-saudaraku ke luar rumah sekedar jalan-jalan menikmati segarnya udara pagi, meskipun waktu itu langit masih nampak gelap.
Betapa terkejutnya kami ketika melihat sesuatu yang putih memanjang dan melintang melintasi jalan depan rumahku. Setelah kami dekati ternyata sekumpulan ulat yang waktu itu agak putih berjalan merayap beriringan tetapi saling bertumpuk satu sama lain seolah-olah mereka saling berlomba berebut satu sama lain, tepatnya mereka muncul dari sebuah celah batu di bawah pohon mangga rumahku kemudian berbaris merayap perlahan menyeberang jalan menuju halaman mesjid yang waktu itu masih berumput. Kasihan, dari ribuan lulut waktu itu ada beberapa yang tergilas roda motor yang lewat pagi itu hingga menjelang matahari terbit barisan lulut sedikit semi sedikit akhirnya menghilang.
Benarkan akhirnya memberikan keberuntungan bagi keluargaku. Walahu'alam, yang pasti tahun '80-an itu beberapa anggota keluargaku telah lulus melanjutkan sekolah negeri yang lebih tinggi.

"LULUT"..dari bentuk nya memang seperti ulat kecil dengan kepala bintik hitam..warnanya ada yang emas dan ada yang hitam. Menurut kepercayaan orang bali nich..LULUT berwarna keemasan akan membawa pengaruh baik bagi rumah yang di singgahinya..tapi jika warnanya kehitaman..akan membawa kesialan ato kejelekan..percaya tidak percaya belum ada penelitian yang pasti mengenai binatang sejenis ulat ini. Biasanya orang tua dibali memberikan air kelapa gading ato air kelapa muda untuk mengusirnya..percaya ato tidak dalam waktu beberapa jam LULUT itu hilang tanpa jejak.
LULUT itu membentuk rangkaian seperti tali dan bergerombol satu sama lainnya..>>

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Klo menurut kepercayaan kami lulut itu nggak bleh diinjek, dibakar, pokoknya nggak bleh dibunuh. biasanya klo disekitar rumahku ad lulut, lulutnya akan dihanyutkan ke mata air lalau akan dibuatkan banten caru supaya pekarangan rumah ngak kena grubug !

bezzateatizzurig.kuriss@ gmail.com mengatakan...

Bagus and keren

bezzateatizzurig.kuriss@ gmail.com mengatakan...

Bagus and keren

Friska Fikianti mengatakan...

Di depan rumah saya ada tuh.. tapi gak tau warnanya apa.. mungkin emas

Unknown mengatakan...

Dirumah saya ada juga,yang kuning kehitam-hitaman(tembaga)