Selasa, April 12, 2011

Memperpanjang SIM-A / SIM-C

Sudah lewat lima bulan aku pakai sepeda motor tanpa SIM, keliling kota Bandung dan sudah berapa Razia Polisi aku lewatkan begitu saja. Ntah karena aku bertampang orang yang taat hukum atau karena memang tampangku kayak polisi, yang jelas Pak Polisi melewatkan begitu saja di antara kerumunan kendaraan lain yang sejenis. Sebagian besar pengendara yang terjaring adalah remaja tanggung belasan tahun, mereka tergolong masa yang paling rentan akan pelanggaran. Maka aturan yang diterapkan kebanyakan adalah mengemudi tanpa helm, tidak memiliki STNK dan SIM, modifikasi knalpot yang menyalahi aturan, menerobos lampu merah.
Ah pikirku...asal tidak melanggar dan santai kalau ada razia semuanya akan terlewati dan lolos dari pemeriksaan, tapi apa dayaku dari kejauhan sudah terlihat kerumunan kendaran yang diberhentikan oleh beberapa orang berseragam dan berhelm putih. Eiiiit....! Tanpa pikir panjang dan bersikap biasa aku langsung membelokan motorku ke belokan jalan sebelumnya dengan maksud lewat jalan tikus yang tidak ada tikusnya....eh ...polisinya dan ...Ciluk Ba...tepat di belokan jalan seorang polisi sudah menunggu mangsa menyuruhku untuk kepinggir.
Gelagatku sudah gak enak...dari pada mesti menebus surat tilang ke pengadilan, lebih baik lembaran 20ribuan mesti keluar apalagi saat itu aku gak bawa STNK dan SIM habis.
Sejak dari saat itu aku malas dan was-was memakai sepeda motor saat sedang ramai-ramainya Razia Polisi, lumayan juga kocek yang keluar hanya untuk denda tilang tanpa kwitansi.
Akhirnya setelah bersusah payah menabung, kusempatkan memperpanjang masa berlaku SIM-A dan SIM-C ku di Gerai SIM On-line BTC Pasteur tetapi karena masing-masing harus membayar biaya Asuransi & Kesehatan dan tidak bisa untuk dua SIM, terpaksa baru SIM-C yang aku ajukan dengan alasan kocek-ku tidak cukup. Proses dari isi formulir, pembayaran sampai pencetakan cukup cepat hanya saat pendaftaran memang harus menunggu cukup lama karena banyak pemohon yang ngantri.


       Biaya Perpanjangan SIM-A/SIM-C                   
  • SIM-A                                     Rp 80.000
  • SIM-C                                     Rp 75.000
  • Kesehatan                                Rp 25.000
  • Asuransi                                   Rp 30.000

Tidak ada komentar: